Pages

Subscribe:

Tuesday, July 08, 2008

Virtual Private Networking dengan Menggunakan Point to Point Tunneling Protocol

PPTP (Point-to-Point Tunelling Protocol)

Point-to-Point Tunneling Protocol merupakan teknologi jaringan baru yang mendukung multiprotocol virtual private networks (VPN), yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan perusahaan secara lebih aman melalui Internet. Dengan menggunakan PPTP, pengguna dari jarak jauh dapat memanfaatkan Microsoft Windows NT Worstation dan Windows 95 dan sistem yang mendukung PPP lainnya untuk mendial ke ISP lokal untuk berkoneksi secara lebih aman kedalam jaringan perusahaan melalui Internet.
PPTP memungkinkan koneksi yang aman dan terpercaya kepada jaringan perusahaan melalui internet. Hal ini sangat berguna untuk pegawai yang bekerja dari rumah atau orang-orang yang bepergian dan harus mengakses jaringan perusahaannya dari jarak jauh atau mengecek email atau melakukan aktifitas lainnya. Dengan PPTP, seorang pengguna dapat mendial nomor telepon local dengan menggunakan modem analog maupun modem ISDN untuk mengaskes ISP dan kemudian masuk ke dalam jaringan perusahaannya. Setiap sesi koneksi PPTP dapat membuat koneksi yang aman dari Internet ke pemakai dan kembali menuju ke jaringan perusahaan. Koneksi secara local dari pemakai ke ISP akan menghubungkannya kedalam hardware device (Front-End Processor –FEP) yang dapat berada dalam kota yang sama dengan pemakai. FEP kemudian menghubungkan diri dengan NT Server yang berada di kota yang berbeda melalui WAN seperti Frame Relay atau X.25 . FEP melakukan hal ini dengan mengambil paket PPP dari pemakai dan melakukan tunneling melalui WAN. Dan karena PPTP mendukung banyak protocol (IP, IPX dan NetBEUI) maka PPTP dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam infrastruktur LAN.
PPTP juga mudah dan murah untuk diimplementasikan. Banyak organisasi yang dapat menggunakan PPTP ini untuk menyediakan koneksi yang murah, mudah dan aman kedalam jaringan di perusahaannya. Hal yang terpenting dengan menggunakan PPTP adalah konfigurasi jaringan perusahaan tidak perlu berubah, termasuk pengalamatan komputer-komputer didalam jaringan intranet. Virtual WAN mendukung penggunaan PPTP melalui backbone IP dan sangat efektif digunakan

Keuntungan Menggunakan PPTP

Para pegawai yang bekerja di luar kota atau bekerja dari rumahnya atau berada di jalan dan memerlukan akses kepada jaringan komputer di perusahannya akan sangat merasakan manfaat PTP ini. administrator LAN juga memperoleh keuntungan dengan kemudahan implementasi dan keamanan yang ditawarkan oleh protocol PPTP. Selain itu administrator LAN juga memperoleh keuntungan dari implementasi yang murah, dimana aplikasi PPTP tidak membutuhkan peralatan yang baru, kemudahan dalam pengaturan media pembawa/media komunikasi dan perawatan yang mudah. PPTP juga memungkinkan ISP (Internet Service Provider) dengan PPTP, dapat menyediakan layanan dengan nilai tambahdan nilai jual yang tinggi yang sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan dengan jaringan komputer yang tersebar di beberapa cabang. Penyedia jasa keamanan jaringan seperti perusahaan pembuat firewall dan jasa-jasa internet lainnya juga memperoleh kemudahan serta jaminan keamanan dari PPTP.
Kalau diantara kita pernah mendengar mengenai Secure Socket Layer (SSL) yang menurut banyak pakar sangat memakan proses didalam CPU baik pada saat enkripsi maupun pada saat dekripsi, maka PPTP tidaklah demikian. Kebutuhan akan kerja prosesor yang kita lihat pada SSL biasanya terjadi karena faktor pemilihan algoritma enkripsi. RC4 memiliki overhead 14 instruksi per byte yang membuatnya lebih cepat jika dibandingkan dengan stream chipper yang tersedia.dalam RAS. Selain itu PPTP juga memiliki keunggulan bahwa enkripsi dilakukan pada tingkat kernel atau di dalam sistem operasi. SSL memiliki penurunan performansi karena dua hal, operasi kunci privat (private key operation) yang membutuhkan 85ms waktu kerja CPU untuk melakukan set up koneksi dan setelah itu, stream encryption dilakukan pada level aplikasi kemudian dimasukkan ke dalam socket layer, sebagai bagian dari proses transmisi data dan memungkinkan semua proses dilakukan pada tingkat kernel.

Lebih Jauh Mengenai PPTP

Pada saat ini, banyak perusahaan harus mengubah skema pengalamatan jaringan yang ada semua komputer didalam intranet dapat berhubungan dengan dunia luar (internet). Hal itu terjadi khususnya jika perusahaan-perusahaan itu menyusun alamat jaringannya tanpa mematuhi konvensi-konvensi internasional. Selain itu, seorang karyawan yang berada diluar kota juga tidak dapat mengakses alamat-alamat komputer yang berada didalam jaringan intranet perusahaan mereka dengan mudah, karena keterbatasan pada proxy yang menghubungkan jaringan intranet perusahaan dengan internet. Dengan menggunakan PPTP, sebuah perusahaan dapat menciptakan sistem baru dimana para karyawan yang berada di luar kota dapat dengan mudah mengakses komputer-komputer yang berada di intranet perusahaan mereka, tanpa harus mengubah konfigurasi pengalamatan jaringan intranet. Dengan menggunakan tuneeling PPP maka administrator LAN perusahaan dimungkinkan untuk secara cepat mengubah akses ke jaringan semua pegawai tanpa diganggu oleh delay, meskipun koneksi ke dalam jaringan intranet harus melalu ISP. Dengan kata lain, administrator LAN tetap memegang kendali, kepada siapa akses jaringan intranet perusahaan diberikan, serta dapat mengatur akses ini secara mudah dan efisien.
Pada dasarnya komunikasi yang memanfaatkan PPTP dapat dijamin lebih aman, mengapa demikian ? Otentifikasi pemakai jaringan dilakukan dengan menggunakan protocol otentifikasi yang ada di dalam Windows NT Remote Access Service (RAS) – PAP dan CHAP. MS-CHAP mendukung hash MD4 serta DES yang digunakan di LAN Manager. Otentifikasi tambahan dapat dilakukan oleh ISP pada ujung hubungan antara pemakai dengan ISP jika dibutuhkan. Enkripsi data dilakukan dengan menggunakan protocol enkripsi RAS-RSA RC4. Dengan menggunakan Microsoft Remote Access Services (RAS) maka kita dapat menurunkan waktu kompresi, enkripsi dan integrasi kedalam model administrasi Windows NT. PPTP juga menggunakan fasilitas keamanan yang disediakan oleh PPP, MS-CHAP (PPP authentication) dan digunakan untuk mevalidasi data-data pemakai dalam domain di Windows NT. Hasilnya adalah session key yang digunakan untuk mengenkripsi data pemakai. Selain itu Microsoft mengimplementasikan CCP (Compression Control Protocol) yang memiliki bit untuk negoisasi enkripsi. RAS client dapat diatur untuk hanya melakukan koneksi dengan mode terenkripsi, sementara itu RAS server juga dapat dikonfigurasi untuk hanya menerima koneksi dengan RAS yang terenkripsi.
RAS menggunakan shared secret antara RAS client dan RAS server. Biasanya, sebelum masuk kedalam sistem, seorang pemakai memberikan password pada cleitn untuk memperoleh MD4 hash yang sama dengan yang disimpan di dalam database keamanan Windows NT server. Dengan menggunakan shared secret antara RAS client dan RAS server maka masalah pendistribusian kunci (key distribution) dapat terpecahkan. Masalah pendistribusian kunci ini sangat penting, mengingat bahwa session key inilah yang memegan peranan penting apakah data dapat dibaca kembali oleh kita atau oleh orang lain.

Penutup

PPTP sangat cocok digunakan untuk membangun jaringan akses kepada LAN melalui intenet . Keunggulan-keunggulan utama pemakaian PPTP adalah:
- lebih aman
- tidak perlu melakukan perubahan pengalamatan jaringan internal
- murah

0 comments:

Post a Comment