Pages

Subscribe:

Saturday, January 10, 2009

Linux Software untuk Membuat Server Email

redhatRed Hat Enterprise Linux adalah distribusi Linux yang dibuat oleh Red Hat dan ditargetkan ke arah pasar komersial, termasuk mainframes. Red Hat berkomitmen untuk mendukung setiap versi RHEL selama 7 tahun. setelah rilis. release.

centosCentOS adalah distribusi Linux Enterprise yang berasal dari source yang diberikan kepada masyarakat oleh Red Hat.

Mail Delivery and Transfer

postfixPostfix merupakan open source SMTP server yang cepat, mudah pengaturannya, fleksibel sekaligus yang kompatibel dengan sendmail dan tidak membingungkan bagi pengguna yang sudah ada. Dibuat oleh ahli keamanan Wietse Venema, yang dibangun dari awal untuk menjadi secure/aman.

dovecotDovecot merupakan open source server POP3 dan IMAP untuk Linux / UNIX. Program ini melengkapi postfix dengan kinerja tinggi, kemudahan administrasi dan keamanan yang solid.

Web Mail Access

apacheApache adalah open-source HTTP server yang mendukung berbagai sistem operasi termasuk UNIX dan Windows NT. Apache sangat aman, efisien dan merupakan server HTTP server yang menyediakan layanan sinkron dengan HTTP standar saat ini.

squirrelmailSquirrelmail merupakan open source webmail berbasis standar-paket yang ditulis dalam PHP. Installasi sangat mudah dan mendukung banyak plugin tambahan untuk menambah kinerja.

Anti-Spam and Anti-Virus

mailscannerMailScanner merupakan open source anti-virus dan anti-spam filter untuk server email. Anti-virus dan anti-spam selanjutnya didelegasikan kepada aplikasi 3rd party.

clamavClamAV merupakan anti-virus open source (GPL) untuk Linux/UNIX, yang dirancang untuk e-mail scanning pada mail gateway.

spamassassinSpamAssassin adalah sebuah mail filter, yang ditulis dalam Perl, yang mengidentifikasi spam menggunakan heuristis tes pada email dan badan teks.

Lightweight Directory Access Protocol (LDAP)

fedora-directoryFedora Directory Server adalah Open Source server LDAP untuk Linux sekelas corporate. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap, mendukung multi-master replication, dan telah menangani banyak lingkungan LDAP besar di dunia.

openldapOpenLDAP merupakan implementasi Ringan Directory Access Protocol.

jxplorerJXplorer merupakan open source LDAP browser yang dapat digunakan untuk membaca dan mencari setiap direktori LDAP, X500 atau direktori LDAP dengan sebuah interface.

Active Directory Integration

sambaSamba merupakan Open Source / Free Software suite yang menyediakan layanan share file dan print untuk client SMB / CIFS.

System Administration

webminWebmin adalah interface berbasis web untuk sistem administrasi Linux/Unix menggunakan browser web, Anda dapat men-setup user account, Apache, DNS, file sharing dan masih banyak lagi..

0 comments:

Post a Comment