Pages

Subscribe:

Saturday, July 12, 2008

Instalasi Internet WLAN di Windows Untuk Operasi 24 jam

Bagi para penggemar Internet, biaya telekomunikasi merupakan salah satu kendala yang paling dominan. Wireless Internet merupakan salah satu solusi paling mujarab untuk mengatasi kendala infrastruktur telekomunikasi yang mahal. Sebagai gambaran perbandingan biaya operasional Internet menggunakan Wireless LAN (WLAN) di bandingkan menggunakan telepon adalah sbb.
-Internet melalui telepon dengan kecepatan rata-rata 33.6Kbps, anda membutuhkan modem telepon sekitar Rp. 400-800.000-an, pulsa telkom per bulan antara Rp. 250-1 juta / bulan, iuran ke ISP Rp. 40-500.000 / bulan . Jadi total iuran (telkom & ISP) sekitar Rp. 300-1.5 juta / bulan.
-Internet melalui WLAN dengan kecepatan rata-rata 5Mbps, anda membutuhkan card WLAN sekitar Rp. 900-1.8 juta / buah (semakin hari semakin murah harganya). Antenna sekitar Rp. 750-1 juta-an. Dan berbagai hal-nya sekitar Rp. 3 juta-an tambahan di luar komputer. Iuran ke ISP tergantung bandwidth yang anda konsumsi, untuk kelas WARNET sekitar Rp. 2-3 juta / bulan, untuk kelas rumahan sekitar Rp. 300.000 / bulan (di Jakarta). Di Jakarta pada hari ini telah beroperasi beberapa rekan yang menyelenggarakan servis WLAN ke perumahan, untuk operasional 24 jam dengan biaya Rp. 300.000-an / bulan.

Yang menarik untuk di bandingkan, kecepatan WLAN jauh lebih cepat daripada telepon, memang investasi awalnya sekitar 3-4 kali lebih mahal daripada modem telepon. Gilanya, biaya operasional bulannya untuk operasi 24 jam / hari bukan main rendahnya sekitar Rp. 300.000 / bulan untuk pengguna rumahan. Di bandingkan telepon untuk operasional 24 jam membutuhkan biaya pulsa lokal sekitar Rp. 2-3 juta / bulan.
Pertanyaan selanjutnya, seberapa sulitkah untuk menginstall peralatan WLAN di komputer Windows? Jawaban singkat-nya adalah amat sangat mudah sekali.
Kebetulan saya sempat memasang WLAN merek Samsung MagicLAN SWL-2000P di komputer tua saya berupa pentium 166MHz, dengan memory 64Mbyte. Secara umum card WLAN ada dua jenis, yang pertama berupa card PCMCIA seperti yang digunakan di notebook; yang kedua berupa card PCI seperti umumnya LAN card. Hanya saja connector-nya tidak ke LAN akan tetapi ke antenna. Pada kesempatan ini saya menggunakan card PCI (bukan PCMCIA) Samsung MagicLAN SWL-2000P.
Pada tahapan persiapan, kita perlu menyiapkan:
* PC dengan sistem operasi Windows98.
* Card WLAN, pada hari ini sudah mulai banyak vendor yang menjajakan card WLAN di Indonesia.
* Antenna WLAN yang diarahkan ke ISP. Bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri antenna WLAN di 2.4GHz dari pralon, kaleng bekas dll. Bisa melihat-lihat di http://www.qsl.net/ki7cx/wgfeed.htm, http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna1.html, http://www.qsl.net/n9zia/wireless/page04.html. Jadi tidak perlulah mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk antenna WLAN.
* Kabel coax yang menghubungkan antenna ke card WLAN. Biasanya ada kabel khusus yang agak kecil, istilah rekan-rekan namanya pigtail untuk menghubungkan kabel besar ke antenna dengan konektor di card WLAN yang kecil.
Bagian yang agak membuat pusing kepala adalah bagian menset antenna agar bisa tersambung ke ISP. Sebaiknya hal ini dibantu oleh orang yang ahli dari ISP atau teman-teman WARNET yang tersambung menggunakan WLAN.
Setelah semua peralatan siap, langkah selanjutnya adalah menginstall driver WLAN di PC Windows agar dapat mengenali card WLAN PCI. Langkah yang diharus diakukan sangat sederhana sekali ternyata & hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk menyelesaikan semua proses, yaitu:
* Jangan masukan card WLAN ke slot di PC.
* Boot komputer agar masuk ke Windows.
* Masukan CD MagicLAN yang tersedia bersama WLAN SWL-2000P.
* Pilih (I accept) bahwa anda menyetujui lisensi software-nya.
* Pilih untuk menginstall software WLAN SWL-2000P. Tunggu sebentar agar software WLAN SWL-2000P telah terinstall dengan baik.
* Shutdown komputer.
Setelah software ter install, selanjutnya instalasi card WLAN SWL-2000P ke PC:
* Masukan card WLAN SWL-2000P ke slot PCI yang masih kosong.
* Sambungkan antenna ke card. Jangan nyalakan komputer sebelum antenna terpasang.
* Boot ulang komputer, dan biarkan komputer mendeteksi card WLAN PCI yang baru saja terpasang.

Pada saat anda mencapai titik ini maka komputer anda telah mengenali card WLAN. Kita tinggal menset TCP/IP-nya agar dapat beroperasi dengan baik. Setting TCP/IP dilakukan melalui Start à Settings à Control Panel à Network. Kita cukup meng-klik properties dari TCP/IP, dan menset IP address card, gateway & DNS server-nya. Biasanya PC akan booting ulang setelah di set TCP/IP-nya.
Setelah semua proses di atas selesai, maka PC anda sudah siap untuk beroperasi 24 jam ke Internet menggunakan Wireless LAN. Anda dapat melakukan browsing menggunakan Internet Explorer seperti biasa & membaca e-mail menggunakan Ms Outlook Express seperti biasa.
Jika anda cukup kreatif, sambungan WLAN yang sudah terbentuk dapat di sambungkan ke beberapa komputer di rumah & juga ke tetangga dengan menambahkan peralatan LAN & software proxy seperti Wingate / Winroute di PC anda.
Terus terang, kemungkinan besar bagian yang paling sulit untuk orang awam adalah keberanian untuk membongkar casing PC & memasang card WLAN. Sisanya biasa-biasa saja.

0 comments:

Post a Comment